oleh

Cuaca dan BBM Sebabkan Harga Ikan di TPI Hamadi Mahal

INBISNIS.ID, JAYAPURA – Dalam sepekan terakhir masyarakat mengeluhkan harga ikan laut yang mengalami peningkatan cukup tajam.

Terutama untuk ikan ekor kuning dan cakalan, yang ukuran betis orang dewasa, dihargai Rp. 200 ribu, dari harga normalnya Rp. 60 ribu – Rp 75 ribu.

Yudha, salah satu pedagang di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Hamadi, Kotamadya Jayapura, Provinsi Papua mengungkapkan bahwa hal itu karena cuaca dan sering langkanya BBM jenis Pertalite yang kurang mendukung bagi nelayan untuk melaut.

“Karena angin kencang dan gelombang tinggi sehingga nelayan tidak dapat ikan,” ungkapnya saat ditemui awak media ini di sela-sela menunggu ikan jualannya di TPI Hamadi, Senin (27/6/22).

Selain itu, Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite yang sering kosong di SPBU juga menyebabkan harga ikan di pasaran naik signifikan.

Yang mana, nelayan terpaksa harus membeli BBM jenis Pertamax yang harganya hampir dua kali lipat dibanding Pertalite.

Edi Mangun, selaku Unit Manager Communication, Relation and CSR Pertamina Regional Papua-Maluku mengungkapkan, sebenarnya stok BBM jenis Pertalite cukup tersedia di penampungan BBM.

“Stock kita aman hingga 15 hari, jadi tidak pengaruh soal tanker,” ungkapnya saat disinggung apakah ada keterlambatan kapal tanker. (Ajay)

(Redaksi)

Well, Silahkan tulis pendapatnya di kolom komentar ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed